Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Akhir Semester TP 2018/2019



Hari Sabtu, tanggal 22 Juni 2019 merupakan hari terakhir Semester II (dua) pada Tahun Pelajaran 2018/2019 di SD Swasta Muhammadiyah Gunungsitoli. Seperti biasanya, pada akhir semester ditandai dengan pembagian rapor dan pengumuman kejuaraan dari tiap-tiap kelas. Kejuaraan yang diumumkan dimulai dari juara I (satu) hingga juara harapan III. Data kejuaaraan diperoleh dari Bapak/Ibu guru wali kelas setelah nilai tiap-tiap mata pelajaran dikumpulkan dan disatukan dalam Daftar Kumpulan Nilai (DKN).

Sebelumnya pada hari Kamis tanggal 20 Juni 2019, telah dilaksanakan musyawarah/rapat dewan guru dengan agenda penentuan kenaikan kelas. Adapun yang menjadi kriteria penentuan kenaikan kelas yakni: kehadiran siswa disekolah, sikap dan perilaku siswa, kepatuhan terhadap disiplin dan tata tertib sekolah, nilai tugas dan nilai yang diperoleh pada saat ujian tengah semester dan juga ujian akhir semester II, yang diolah oleh Bapak dan Ibu guru kemudian menentukan ketuntasan belajar siswa dan siswi dengan berpedoman pada nilai KKM yang sudah ditetapkan pada awal Tahun Pelajaran 2018/2019. Selain itu, ada juga penilaian khusus yang dilakukan oleh Bapak Guru Agama seperti penguasaan hafalan surat-surat pendek serta keaktifan dan keikutsertaan siswa dalam kegiatan Muhadharah yang dilaksanakan sekali dalam seminggu.

Berdasarkan kriteria kenaikan kelas tersebut di atas, Bapak dan Ibu guru melakukan musyawarah bersama untuk membicarakan dan membahas siapa saja siswa yang akan naik ataupun tinggal kelas. Pembahasan diawali oleh Ibu guru wali kelas I hingga wali kelas V. Pada prinsipnya, pembahasan ini menjadi acuan dalam mengambil tindakan selanjutnya, apakah tinggal kelas, naik kelas, atau perlu dipanggil orang tua.

Setelah dibahas dan dimusyawarahkan, kemudian akan diputuskan dan dilanjutkan dengan penulisan rapor oleh wali kelas. Sebagai bentuk pertanggungjawaban bersama atas hasil keputusan yang telah ditetapkan, pada musyawarah/rapat tersebut dibuktikan dengan notulen rapat dan ditanda tangani bersama setelah musyawarah berakhir.

Dan pada akhirnya, tepat pukul 10.00 Wib kejuaraan dari tiap-tiap kelas diumumkan di ruang aula SD Swasta muhammadiyah Gunungsitoli yang dihadiri oleh Bapak dan Ibu Guru beserta seluruh siswa dan siswi SD Swasta Muhammadiyah Gunungsitoli, sekaligus dengan penyerahan hadiah kejuaraan kepada siswa dan siswi yang berprestasi. Pada kesempatan itu juga, Ibu Kepala Sekolah menyampaikan agar seluruh siswa dan siswi yang masuk juara pada semester II tetap mempertahankan prestasinya karena persaingan belajar kedepan akan semakin meningkat apalagi dengan diberlakukannya sistem pembelajaran kurikulum 2013. Himbauan juga diberikan kepada siswa dan siswi yang masih belum mencapai prestasi belajar yang memuaskan, agar tetap semangat dan jangan putus asa, terus giat belajar dan berusaha untuk lebih aktif lagi dalam proses belajar mengajar serta berusaha memperoleh nilai yang lebih baik lagi. Selain itu, kepala sekolah juga menginformasikan jadwal libur semester II TP 2018/2019 dimulai dari hari Senin tanggal 24 Juni 2018 sampai dengan tanggal 13 Juli 2019. Awal Tahun Pelajaran 2019/2020 dimulai pada tanggal 15 Juli 2019.






Setelah pengumuman kejuaraan, dilanjutkan dengan pembagian rapor di kelas masing-masing. Senyum dan tawa ria menghiasi wajah siswa/siswi dan juga orang tua yang datang menjemput, mengingat hari itu merupakan hari penentuan kenaikan kelas bagi putra dan putri mereka.

Adapun nama-nama juara kelas dari kelas I sampai kelas V, bisa dilihat pada tabel berikut.

Kelas I

No Nama Ranking
1 Aisyah Satu
2 Rian Dua
3 Wafiq Aini Tiga
4 Faiz Harapan Satu
5 Faizan Harapan Dua
6 Nabinatul Harapan Tiga


Kelas II

No Nama Ranking
1 Faizan Latif Satu
2 Irwansyah Dua
3 Zikri Tiga
4 Haikal Harapan Satu
5 Lutfia Harapan Dua
6 Anindia Harapan Tiga


Kelas III

No Nama Ranking
1 Kaysan Satu
2 Nadia Dua
3 Syafa Tiga
4 Hasyid Harapan Satu
5 Misyel Harapan Dua
6 Selfianur Harapan Tiga


Kelas IV

No Nama Ranking
1 Aira Satu
2 Insyirah Gulo Dua
3 Kayla Tiga
4 Cantika Harapan Satu
5 Anita Harapan Dua
6 Nur Atika Harapan Tiga


Kelas V

No Nama Ranking
1 Shelin Herline Shahiran Satu
2 Almira Nuraiz Caniago Dua
3 Fahmi Zaky Tiga
4 Aisha Adinda Qita Harapan Satu
5 Dinda Saputri Dakhi Harapan Dua
6 Anggun Tazkiah Amin Harapan Tiga

Post a Comment for "Akhir Semester TP 2018/2019"